Minggu, 04 Mei 2008

sejarah sepakbola

Sepakbola ‘ Tempoe doeloe’

Tinggi gawangnya 150 yard

Sudah terbiasa kita kini menikmati sepakbola. Namun sedikit langka jika sudah bicara bagaimana sepakbola itu di ciptakan

Sepakbola asli dan juga asosiasinya, boleh di bilang mulai berkembang di akhir abad ke-19. adapun yang berjasa mengembangkan, mempopulerkannya dengan berbagai variasi cara memainkanya adalah orang sekolahan.

Walau demikian masih terdapat beberapa spekulasi dan banyak versi mengenai sejarah terciptanya sepakbola, terutama soal dari mana asal muasalnya.
Negara mana yang menciptakan sepakbola? Menurut buku the Sportsman’s world of soccer, di antaranya kekaisaran romawidi masa lampau, yunani, jepang, dan cina kuno.
Penemuan ini didasarkan atas naskah tulisan sastrawan cina bernama Li Ju. Yang di simpan di munich Ethonologhical Museum, jerman. Dinaskah itu disebutkan bahwa sekitartahun 50SM, telah dimainkan sebuah pertandingan sepakbola antar acina dan jepang.

Lebih lanjut Li Ju mengungkapkan bahwa baik jepang maupun cina telah lama mengenal permainan

tersebut, sekitar tahun 1004 SM. Para pemuda jepang biasa memainkannya di lapangan yang sempit sedangkan di Cina, walaupun tidak ada bukti, para pemainya telah memakai bola dari lembar kulit binatang di tambah dengan rambut wanita.

Di sebutkan pula, permainan itu mengunakan kaki dan di pertanding secara skala besar di Kyoto pada tahun 611. sementara itu, di masa yang kurang lebih sama, di yunani permainan ini berkembang pesat dan begitu popular. Mereka menyebut episciro. Kekaisaran romawipun segera tertular wabah permainan ini mereka menyebutnya harpastrum.

Saking mewabahnya kaisar, Julius kaisar pun dikabarkan memainkanya. Tak tanggung-tanggung ia mengajak kaum wanita untuk memainkanya. Roma pula yang berjasa mengembangkan permainan inimelalui para prajuritnya yang melakukan ekspansi militer ke daratan Inggris.

Kelak dunia mengakui sejak saat itulah permainan sepakbola mulai memasuki babak baru, dan inggris dengan berani memproklamirkan diri sebagai penemu sepakbola. Salah satu pertandingan yang sampai saat

ini dikenang adalah saat kesebelasan kaisarran roma dikalahkan oleh Inggris tahun 276.

Permainan ini sangat popule di kalangan kaum muda. Terbukti begitu banyak di temukan berbagai dokumen yang menyebutkan bahwa para siswa di London selalu bermain sepakbola usai makan malam. Sayangnya pihak kerajaan tidak menyukai cabang olahraga ini karna dianngap terlalu keras.

Berbagai cara di tempuh untuk menghaousnya, terutama dari kalangan elit akademi. Salahsatunya dengan memperkenalkan permainan ini kepada para petani dengan tujuan menambah semangat mereka di kala perang. Bahkan pada tahun 1314 Raja Edward II mewajibkan permainan ini kepada para narapidana yang dianggap tidak mematuhi aturan penjara

1870, C.W. Alock, sekretaris FA dimasa itu mengusulkan sebuah turnamen resmi yang di sebut FA Cup. Turnamen ini mulai di selenggarakan pada bulan oktober 1871. pada saat itu lebar lapangan sudah di tentukan selebar 100 yard, sedang status para pemainya masih amatir. Status professional baru terjadi sepuluh tahun kemudian. Awalnya di lakukan oleh para pemain Scotlandia ketika mereka berpindah dari Blackbrun dan Preston. FA pun dilanda polemik. Selang lima tahun, tepatnya pada tahun 1885, polemik panjang berakhir saat FA beralih status menjadi profesional

Fotball League di temukan oleh McGregor, seorang berkebangsaan Scotlandia yang tinggal di Birmingham. Sejak saat itu penyebaran dan perkembangan sepakbola tidak bisa dihentikan lagi. Negara-negara Eropa lainya segera menyerap dan mengembangkan permainan ini sehingga terbentuk FIFA pada tahun 1904 yang di prakarsai oleh Belgia, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia,dan Swiss.

Di masa perang Dunia I mereka juga telah memiliki kompetisi liga dan sepakbola mulai di kenal di Amerika Latin sejalan dengan penjajahan bangsa Eropa . Sejak saat itu permainan ini resmi menjadi cabang olah raga terbesar di dunia, baik dari segi peserta maupun penonton

Usai perang dunia I sepakbola pun berkembang pesat di beberapa belahan bumi manapun termasuk di Afrika dan sebagian Asia perkembangan tidak hanya terjadi kearah penyebaran luasan permainan sepakbola itu sendiri, namun menuju ke arah komersialisme terutama di belahan Eropa. Hingga menjadi suatu industri besar sampai saat sekarang ini.

Di kutip dari majalah

“Memburu Mahkota di Saint-denis”

karya wartawan BOLA

dengan berbagai tambahan


Raja Richard II juga meneruskan tradisi terhadap penolakan kerajaan terhadap permainan sepakbola dengan memproklamirkan secara tegas pada tahun 1389. alasanya, olahraga ini dianggap menggangu latihan memanah para prajurit. Sepakbola semakin tertekan pada masa raja henry IV di tahun 1401. terus berlanjut hingga raja henryVIII, bahkan Raja James yang berasal dari Scotlandia ikut-ikutan menentang permainan ini.

Namun pada tahun 1497,Raja james IV yang pernah diketahui memiliki dua tim sepakbola, malah ikut bermain. Hanya saja terbentur oleh protokoler istana di masapemerintahan ratu Elizabeth tahun 1572 popularitas sepakbola masih menjadi tantangan.

Sir Thomas Eliot menyatakan sepakbola sebagai olahraga yang tidak menyenangkan bahkan merupakan olahraga yang terlalu heboh dan penuh kekerasan. Atau lebih mirip pertarungan berdarah ketimbang rekreasi

Perkumpulan Shrove Tuesday sebuah perkumpulan siswa sekolah di London yang aktif serta rutin memainkan sepakbolaternyata cepat berkembang di wilayah utara dan tengah, yang di kenal sebagai daerah dengan kaum pengembara ter besar. Mereka bermain dengan cara yang sangat sederhana, kedua tim berhadapan dan permainan di akhiri apabila salahsatu tim mencetak gol.

Tidak ada komentar: